Home Umum Kecamatan Bontang Selatan Gelar Sosialisasi UKS
Umum

Kecamatan Bontang Selatan Gelar Sosialisasi UKS

Untuk meningkatkan pemahaman tentang pelaksanaan kesehatan lingkungan Sekolah, Kecamatan Bontang Selatan melalui Seksi Pemberdayaan Masyarakat (PMS) menggelar sosialisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Gedung BPU Kecamatan Bontang Selatan Rabu (9/5) lalu.

Sebanyak 70 peserta, meliputi perwakilan guru TK, SD, SMP dan SMA Se-Kecamatan Bontang Selatan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan kali ini mengangkat tema “Melalui Pembinaan UKS Mari Kita Wujudkan Trias UKS Secara Berkelanjutan Demi Meningkatkan Kesehatan Lingkungan sekolah”. Mengahadirkan narasumber Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah UKS Kota Bontang.

Kepala Seksi PMS Asis mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik. Selain itu kegiatan ini juga untuk tercapainya pembinaan yang terpadu dan inisiatif yang berhasil secara optimal.

“Ruang lingkupnya terdiri dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan kehidupan sekolah sehat,” terang Asis.

Sementara itu, Sekretaris Camat Bontang Selatan Budiman menyampaikan, kegiatan ini sangat baik guna menciptakan kondisi sekolah yang sehat. “Fungsi dan peran UKS dalam lingkungan sekolah  merupakan  upaya membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. Mulai dari lingkungan sekolah,  dan masyarakat,” ungkap Budiman.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk menciptakan lingkungan yang sehat perlu kerja sama antara pihak sekolah dengan RT setempat dan kelurahan. “Dalam hal ini ketika sekolahan yang kekurangan sarana pendukung seperti tempat sampah bisa langsung berkoordinasi dengan kelurahan untuk men-supportsekolah tersebut,”ungkap Budiman.

Dia pun berharap melalui kegiatan ini para perwakilan sekolah untuk terus menjadi pelopor kesehatan dalam lingkungan sekolah. ”Dengan pembinaan ini para perwakilan guru dapat memberikan contoh di lingkungan sekolah,” terang Budiman

 

(HERMAWAN /BONTANG POST)

Related Articles

Umum

Kecamatan Bontang Selatan Jemput Bola Perekaman KTP-Elektronik

Kecamatan Bontang Selatan terus meningkatkan pelayanan masyarakat untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk...

Umum

Kunjungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Ke Desa Wisata Malahing

Masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Kampung Malahing yang...

Umum

Tim Patroli Gabungan Sasat Tempat Hiburan Malam Wilayah Kelurahan Berbas Pantai

Tim Patroli Gabungan Kecamatan Bontang Selatan melaksanakan Patroli rutin sebagai upaya untuk...

Umum

Kecamatan Bontang Selatan Gelar Sertijab dan Pisah Sambut

Kecamatan Bontang Selatan menggelar serah terima jabatan (sertijab) dan pisah sambut pasca...

Site Statistics
  • Today's visitors: 21
  • Total visitors : 3,778
  • Total page views: 4,265

KONTAK KAMI

Jl. Habibon RT 26 Kelurahan Tanjung Laut. Kalimantan Timur Kode Pos 75321